Rabu, 24 Juni 2009

PLTU Bunton Dibangun Agustus

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Pantai Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, akan segera dibangun. Saat ini rencana pembangunan itu masih dalam proses lelang dan pembebasan tanah.

Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Cilacap Indar Yuli Nyataningrum mengatakan pembangunan fisiknya akan dimulai pada Agustus. "Persiapan pembangunan terus dilakukan," kata Indar kemarin.

Saat ini di Cilacap sudah berdiri PLTU Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, menggunakan bahan bakar batu bara. Rencananya, PLTU Bunton juga akan menggunakan batu bara sebagai penggerak turbinnya. Kapasitas keduanya sama, yakni 600 megawatt. PLTU ini pada 2010 diharapkan sudah bisa menambah pasokan listrik jaringan interkoneksi Jawa, Madura, dan Bali.

Atas rencana itu, Sekretaris Daerah Cilacap Soeprihono meminta agar pembangunan pembangkit listrik tersebut tidak merugikan lingkungan. "Sabuk hijau untuk mengurangi polusi harus dibuat terlebih dahulu," katanya. Dia juga mengatakan, di sekitar lokasi harus dibuat para net untuk menangkap debu batu bara.

PLTU Bunton merupakan satu dari beberapa proyek pemerintah membangun pembangkit, dengan kapasitas 10 ribu megawatt, di seluruh Indonesia.

Terkait dengan aktivitas bongkar-muat di pelabuhan, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Cilacap Sunarno berharap bongkar-muat batu bara itu tidak mengganggu aktivitas nelayan. "Pembangunan (PLTU) juga harus dikomunikasikan dengan nelayan setempat," katanya.

Masalah tersebut sebelumnya memang pernah dipermasalahkan nelayan Cilacap. Terutama aktivitas di PLTU Karangkandri, yang beberapa waktu lalu sempat meresahkan nelayan. "Investor juga harus mempertimbangkan kelangsungan hidup nelayan," kata Indon Cahyono, Ketua II Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Cilacap. ARIS ANDRIANTO
sumber : Koran tempo

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda